Tentang SPMI

Visi STIKes ‘Aisyiyah Bandung

Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul dalam bidang Kesehatan spiritual Islami  di Tingkat Nasional Tahun 2022

Misi STIKes ‘Aisyiyah Bandung

  • Menyelenggarakan  pendidikan tenaga kesehatan yang berlandaskan nilai nilai islam
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam pengembangan ilmu kesehatan berorintasi nilai-nilai islam.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengintegreasikan nilai-nilai islami dalam pembangunan kesehatan masyarakat.
  • Menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang berkualitas, transparan dan berbasis nilai islam.
  • Mengembangkan kemitraan yang menunjang tridharma perguruan tinggi

Tujuan

  • Menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional dan islami.
  • Menghasilkan penelitian yang mengintergrasikan nilai-nilai islam dalam pengembangan keilmuan kesehatan.
  • Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mengintegrasikan nilai – nilai islam dan pembangunan kesehatan masyarakat.
  • Terwujudnya tata kelola perguruan tinggi yang berkualitas, transparan dan berbasis nilai nilai islam.
  • Terjalin kemitraan yang sinergis dalam pencapaian tridharma perguruan tinggi

Dasar Pemikiran

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Bandung adalah lembaga pendidikan tinggi yang merupakan amal usaha di bawah Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Barat di Indonesia. Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) ‘Aisyiyah Bandung memahami akan pentingnya menerapkan serangkaian sistem yang mampu menghasilkan keluaran lulusan tenaga kesehatan sebagaimana yang diharapkan oleh pengguna/user. Sistem tersebut haruslah terstandar dan terdokumentasikan melalui sebuah organisasi manajemen yang otonom, akuntabel, serta mampu meningkatkan mutu secara berkelanjutan. Peningkatan mutu pendidikan tinggi adalah sebuah keharusan untuk memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan.

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) STIKes ‘Aisyiyah Bandung merupakan  suatu sistem yang dikembangkan dan diimplementasikan untuk menjamin agar mutu pendidikan dapat dipertahankan dan ditingkatkan sesuai dengan yang direncanakan. Proses SPMI  dirancang, dijalankan, dan dikendalikan sendiri oleh institusi melalui Badan Penjamin Mutu (BPM) dengan serangkaian kegiatan Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) standar-standar mutu. Tujuan dari penjaminan mutu adalah terwujudnya budaya mutu dalam pelaksanaan kegiatan rutin keseharian segenap sivitas akademik yang selaras dengan standar pendidikan nasional pendidikan tinggi Indonesia.

Sistem Penjaminan mutu Perguruan tinggi, meliputi penjaminan mutu internal maupun penjaminan mutu eskternal. Penjaminan mutu internal adalan penjaminan mutu yang dilakukan oleh insitusi perguruan tingi dengan berlandaskan peraturan perundangan-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah. Penjaminan mutu eksternal adalah penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh lembaga eksternal yang disetujui oleh pemerintah dalam memberikan pengakuan mutu terhadap mutu penyelenggaraan perguruan tinggi.

STIKes ‘Aisyiyah Bandung melalui Badan Penjamin Mutu berkewajiban mewujudkan budaya mutu yang sesuai dengan visi, misi,tujuan  institusi melalui penetapan kebijakan mutu yang mudah difahami oleh para pemangku kepentingan. Kebijakan mutu STIKes ‘Aisyiyah Bandung ini diperlukan sebagai arah dari kegiatan-kegiatan penjamin mutu institusi yang didokumentasikan dalam bentuk manual prosedur, standar dan instruksi kerja.

Dasar Hukum

Pedoman yang dijadikan sebagai dasar atau referensi dilaksanakannya sistem penjaminan mutu internal di STIKES ‘Aisyiyah Bandung adalah mengacu pada :

  1. Undang Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi .
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
  3. Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
  4. Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi atas perubahan Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pergur Tinggi
  5. Permendikbud No 5 Tahun 2020 Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.
  6. Surat Keputusan PP Muhammadiyah nomor 86/SK-PP/IV-B/1.c/1998 tentang Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah.
  7. Peraturan Pimpinan Pusat Muhamadiyah Nomor 01/PRN/I.0/B/2012 tentang Majelis Pendidikan Tinggi.
  8. Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor .02/PED/1.0/B/2012 tanggal 16 April 2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
  9. Ketentuan Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.178/KET/I.3/D/2012 tentang Penjabaran Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.02/PED/I.O/B/2012 tentang PTM.
  10. Surat Keputusan  Majelis Pendidikan Tinggi dan Pengembangan (Diklitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor: 0260/KEP/I.3/D/2019 Tentang Penyempurnaan Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Internal 4.0 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah.
  11. Rencana induk pengembangan STIkes ‘Aisyiyah Bandung 2012 – 2037
  12. Statuta STIkes ‘Aisyiyah Bandung

LUAS LINGKUP KEBIJAKAN SPMI

Lingkup kebijakan SPMI STIKes ‘Aisyiyah Bandung (SAB) mencakup aspek penyelenggaran pendidikan tinggi meliputi bidang akandemik dan non akademik. Seluruh aspek dilaksanakan oleh seluruh pengelola dan pelaksana di seluruh tingkatan unit kerja baik di tingkat Sekolah Tinggi maupun program studi.

Kebijakan SPMI PTMA diorientasikan pada pemenuhan standar mutu STIKes Aisyiyah Bandung yang meliputi Standar Jati Diri, Standar Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Standar tata pamong, Standar Kerjasama, Standar Kemahasiswaan, Standar SDM, Standar Keuangan, Standar Sistem Informasi, Standar Pendidikan dan Pengajaran, Standar Penelitian dan Standar Pengabdian kepada masyarakat.