Struktur Organisasi BPM

Uraian tugas

  1. Kepala BPM
    • Menyusun rencana kerja tahunan Badan Penjaminan Mutu dengan berkoordinasi dengan Koordinator bidang Pengembangan dan Pengendalian Sistem Mutu; Koordinator bidang monev dan analisa serta koordinator bidang Audit Mutu Internal, dan Akreditasi.
    • Menyusun dokumen mutu yang menunjang pelaksanaan SPMI dan melakukan tinjauan revisi sejalan dengan kebutuhan dan kebijakan peraturan penyelenggaran mutu pendidikan tinggi.
    • Berkoordinasi dengan pimpinan STIkes Aisyiyah Bandung dalam penetapan standar mutu di lingkungan STIKes Aisyiyah Bandung.
    • Menyusun pedoman monev bidang akademik dan non akademik di tingkat STIKes dan melakukan tinjauan setiap 4 tahun sekali atau sesuai dengan kebutuhan dan perubahan peraturan penyelenggaran mutu pendidikan tinggi.
    • Menyelenggarakan audit mutu internal di tingkat institusi/prodi/dan unit secara terjadwal.
    • Berkoordinasi dengan coordinator bidang AMI dalam pelaksanaan kegiatan AMI tahunan.
    • Melakukan pembinaan civitas academika STIKes Aisyiyah Bandung menyangkut kesiapan dan pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu di Unit Kerja masing-masing.
    • Melaporkan kepada Ketua STIKes Aisyiyah Bandung Implementasi dan pelaksanaan sistem penjaminan mutu di lingkungan STIKes Aisyiyah Bandung, berikut hasil pengukuran dan evaluasinya agar upaya tindak lanjut dapat ditentukan dan dilaksanakan pada waktunya.
    • Menyiapkan materi dan menyelenggarakan Rapat Tinjauan manajemen di tingkat STIKes Aisyiyah Bandung
    • Menyelenggakan sistem informasi berbasis teknologi terkait sistem penjaminan mutu internal.
    • Menyusun persiapan sistem penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi perguruan tinggi dan program studi maupun sertifikasi bidang bidang manajemen/unit yang ada di lingkungan STIKes Aisyiyah Bandung.
    • Berkoordinasi dengan pimpinan STIKes maupun program studi dalam penyusunan evaluasi diri.
  2. Koordinator Bidang Pengembangan dan Pengendalian sistem mutu
    • Menyusun program kerja dan anggaran terkait program Pengembangan dan Pengendalian sistem dokumen mutu dan mengusulkan kepada Ketua BPM.
    • Mengkaji dan menyiapkan dokumen sistem mutu yang terdiri dari kebijakan mutu (KB), Standar Akademik, manual mutu (MM), sasaran mutu (SM), Rencana Mutu (RM), Prosedur Sistem (PS), Standar Operasional Prosedur (SOP), Instruksi kerja (IK) Daftar catatan mutu (CM) serta Dokumen dokumen internal yang ada berlaku di lingkungan STIKes Aisyiyah Bandung.
    • Menerima dan memeriksa usulan perubahan Dokumen Sistem Mutu yang diterima dan menindaklanjuti usulan perubahan dokumen tersebut.
    • Memeriksa, mengendalikan penyebaran dokumen di lingkungan STIKes Aisyiyah Bandung.
    • Mengkoordinasi penanganan keluhan pelayanan perguruan tinggi yang masuk melalui BPM.
    • Menyusun pengembangan Sistem Informasi terkait Sistem Penjaminan Mutu STIKes Aisyiyah Bandung.
    • Melakukan evaluasi secara periodic terhadap seluruh kegiatan dan realisasi program kerja di bidang pengendali sistem mutu serta mengupayakan tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut
  3. Koordinator bidang Monitoring, Evaluasi
    • Melaksanakan program kerja tahunan yang ditetapkan unit BPM terkait monev akademik dan non akademik
    • Membuat jadwal monitoring evaluasi akademik dan non akademik di tingkat institusi.
    • Meninjau prosedur/ formulir/ perangkat monev bidang akademik dan non akademik.
    • Menetapkan metode statistic yang akan digunakan untuk mengukur dan menganalisis hasil implementasi sistem penjaminan mutu.
    • Melaksanakan monev bidang non akademik meliputi kemahasiswaan, keuangan, adminitrasi, layanan sarana prasarana, layanan keuangan, pelayanan humas dan kerjasama
    • Membuat laporan monev akademik di tingkat STIKes Aisyiyah Bandung berdasarkan laporan dari gugus kendali mutu program studi
    • Mengagendakan dan melaksanakan koordinasi impelementasi Sistem Penjaminan Mutu di Lingkungan STIKes Aisyiyah Bandung dengan Gugus kendali mutu dan atau penangggung jawab unit serta mengupayakan hasil koordinasi tersebut.
    • Melaporkan kepada Kepala Badan Penjaminan Mutu terkait Implementasi monev akademik dan non akademik di lingkungan STIKes Aisyiyah Bandung serta hasil pengukuran dan evaluasinya agar upaya tindak lanjut dapat ditentukan dan dilaksanakan pada waktunya.
  4. Koordinator bidang Audit Mutu Internal dan Akreditasi
    • Melaksanakan program kerja tahunan yang ditetapkan unit BPM
    • Menyusun proposal pelaksanaan Audit Mutu Internal institusi maupun prodi
    • Menyusun instrumen penilaian /Borang AMI institusi maupun program studi
    • Membuat laporan penyelenggaraan AMI institusi maupun program studi.
    • Berkoordinasi dengan pimpinan program studi dalam pelaksanaan akreditasi program studi.
    • Berkoordinasi dengan prodi dan kepala unit/bagian dalam persiapan akreditasi program studi maupun akreditasi institusi
    • Berkoordinasi dengan pimpinan prodi dalam pembuatan laporan evaluasi diri.
    • Berkoordinasi dengan pimpinan institusi dalam pencapaian sasaran mutu dalam laporan penyelenggaraan pendidikan tinggi.
    • Berkoordinasi dengan pimpinan program studi dalam pengisian borang akreditasi.
    • Berkoordinasi dengan kepanitian akreditasi terkait penyusunan laporan akreditasi tingkat program studi dan institusi.
  5. Sekertaris BPM
    • Membantu kepala Badan Penjaminan Mutu STIkes Aisyiyah Bandung dalam menyusun agenda rapat internal Badan Penjaminan Mutu dan Rapat Tinjauan Manajemen STIKes .
    • Membuat dan mendokumentasikan hasil notulensi rapat internal BPM.
    • Mengarsipkan surat masuk dan surat keluar yang berada di unit Badan penjaminan mutu.
    • Mendokumentasikan kegiatan kegiatan terkait program kerja Badan penjaminan Mutu.
  6. Gugus kendali Mutu Program studi
    • Melaksanakan program kerja tahunan yang ditetapkan unit BPM di bidang monev akademik di tingkat program studi.
    • Melakukan monev kehadiran dosen.
    • Melakukan monev kehadiran mahasiswa
    • Melakukan monev pembuatan Rencana pembelajaran Semester
    • Melakukan monev kesesuaian jam pembelajaran
    • Melakakan monev soal
    • Melakukan monev pemanfaatan fasilitas kelas
    • Melakukan monev lulusan program studi berkoordinasi dengan bagian kemahaisswaan dan lulusan
    • Membuat laporan monev akademik tingkat program studi.
    • Membantu ketua program studi dalam penyusunan laporan evaluasi diri program studi